Beranda » Uncategorized » Saudara Sepupu T-rex, Tyrannosaurus bataar

Saudara Sepupu T-rex, Tyrannosaurus bataar


Selama jutaan tahun. tulang-belulang ini tersembunyi di keringnya Gurun Gobi, Mongolia. Setelah ditemukan, fosil ini pun hanya mengendap di gudang Dorset. Kini kerangka Tyrannosaurus yang hampir selesain disusun oleh kolektor asal Inggris ini siap dijual. Harga untuk lelang di New York pada Sabtu ini dibuka mulai 750 ribu poundsterling.

Tyrannosaurus bataar seukuran panjang 24 kaki dan tinggi 8 kaki ini merupakan saudara sepupu T-rex yang telah hidup 80 juta tahun lalu. Tulang ini ditemukan di Mongolia dan dimiliki kolektor sejak 2005.

Proses perangkaian tulang-belulang ini menghabiskan biaya yang sangat besar sehingga proyek ini dibantu dengan dana dari pihak Amerika Serikat. Dinosaurus yang baru setengah dibentuk ini dikirim melintasi Samudra Atlantik ke Florida, AS saat selesai dirangkai.

Ini akan menjadi Tyrannosaurus kedua yang dirangkai di dunia.

Direktur sejarah alam di Pelelangan Heritage New York, David Herskowitz, mengatakan, “Spesimen ini ditemukan lebih dari 10 tahun di Gurun Gobi dan dimiliki kolektor fosil dari Dorset.”

“Dia memutuskan untuk merangkai dan menyiapkannya dengan biaya 100 ribu pounsterling. Jadi, dia mengontak dealer fosil dari Amerika untuk membantu keuangannya. Dia mengirimkan ke pihak di Florida untuk menyelesaikan perangkaian. Satu-satunya Tyrannosaurus yang telah terjual dilelang yakni T-rex bernama Sue pada 1997 senilai 5 juta poundsterling,” imbuhnya.

Menurut Herskowitz, fosil Tyrannosaurus ini akan menjadi salah satu yang paling utuh dan spektakuler. Dinosaurus sebesar dan selangka ini hampir tidak pernah menyentuh pasar dengan kondisi telah dirangkai seperti ini. Kesempatan baik ini dapat dimanfaatkan pihak museum dan institusi.

“Dinosaurus ini sepupu jauh T-rex yang baru diklasifikasilan lagi sebagai Tyrannosaurids. Sangat langka mereka bisa hadir dalam kondisi sebaik ini. Tidak heran dinosaurus seperti ini sering disangka tulang naga ketika ditemukan pada zaman kuno,” urai Herskowitz seperti dilansir dari Dailymail.co.uk.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 490 pengikut lainnya

Yg lagi lihat

Klik tertinggi

  • Tak ada

Kalender

Mei 2012
S S R K J S M
« Des   Jun »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
%d blogger menyukai ini: