Beranda » Sponsor » Pohon yang Disebutkan Dalam Al Qur’an

Pohon yang Disebutkan Dalam Al Qur’an


Di sekitar kita terdapat banyak sekali jenis pohon. Tetapi tidak semua kita mengetahui namanya. Dari sekian banyak pohon itu ada beberapa jenis pohon yang disebutkan di dalam Al Qur’an dan Hadits, diantaranya :

  1. Pohon Zaitun

Di dalam Al Qur’an Allah SWT menyebutkan dalam firman-Nya “Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan – akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon Zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat (nya), yang minyaknya (saja) hampir – hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api.” (QS. An-Nuur: 35)

  1. Pohon Tiin

Pohon Tiin begitu jelas pula disebut Allah SWT Dalam firman-Nya “Demi (buah) Tiin dan (buah) Zaitun.” (QS. At-Tiin: 1)

Selain dua nama pohon yang disebut tadi dalam Al Qur’an, beberapa nama pohon juga disebut di dalam beberapa sunnah nabi yang tertulis di dalam hadits, diantaranya:

1. Pohon Utrujah, Raihaan, Handhalah

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Muusa Al-Asy’ariy, ia berkata : Telah bersabda Rasullullah shalallahu ‘alaihi wa sallam “Permisalan seorang mukmin yang membaca Al Qur’an bagaikan buah Utrujuah, baunya wangi dan lezat rasanya. Sedangkan seorang mukmin yang tidak membaca Al Qur’an, maka ia seperti buah tamr (kurma), tidak berbau tetapi manis rasanya. Permisalan seorang munafik yang membaca Al Qur’an seperti raihaan, baunya wangi akan tetapi rasanya pahit. Sedangkan permisalan bagi orang munafik yang tidak membaca Al Qur’an, maka ia seperti buah handhalah, tidak wangi dan rasanya pahit.” (HR. Bukhari)

2. Al Habbatus Saudaa’

Rasullullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersbda “Sesungguhnya dalam Al Habbatus Saudaa’ terdapat obat bagi segalam macam penyakit, kecuali kematian.” (HR. Bukhari)

3. Pohon Gharqad

Satu riwayat dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasullullah shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda “Tidak akan tegak hari kiamat hingga kaum muslimmin memerangi orang – orang Yahudi. Kaum muslimin membunuh mereka hingga ada orang Yahudi yang bersembunyi di belakang batu dan pohon, namun batu dan pohon itu berkata ‘Wahai Muslim, wahai hamba Allah, ini ada orang Yahudi dibelakangku. Kemarilah dan bunuhlah dia. Kecuali pohon Gharqad (yang tidak mengatakan itu), karena pohon Gharqad adalah pohon orang Yahudi.” (HR. Bukhari Muslim)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 490 pengikut lainnya

Yg lagi lihat

Klik tertinggi

  • Tak ada

Kalender

Juli 2012
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
%d blogger menyukai ini: