Beranda » Uncategorized » Sejarah Valentine’s Day

Sejarah Valentine’s Day


Valentine’s Day is so sweet,,itu
anggapan dari beberapa kalangan..
Demi kekasih,,katanya, hingga
mereka berani merogoh kocek
untuk membelikan hadiah buat
sang pacar,,supaya suasananya
lebih romantis..:O
Suatu peringatan pasti ada
sejarah dan latar belakangnya,,gitu
juga sama yang namanya valentine
day itu,,sejarahnya pasti ada..
Terus,,apa hubungannya
diceritain sama kita”?? Ya,,pemuda
islam harus tau yang kayak ginian
ini perlu dilurusin biar sobat
semua tau kenapa perayaan ini
disebut budaya sampah,, meski
sebagian besar penikmat hari
valentine nggak peduli sama yang
namanya sejarah valentine day,,
katanya si EGP (Emang Gue
Pikirin),,pokoke valentine TOP
BGT (top banget)..
Padahal kalo mereka tahu
(khususnya yang muslim) asal
muasal cerita valentine
day,,bakal kaget..ini sejarahnya:
Konon ceritanya,,valentine day
diperingati untuk mengenang
jasa seorang pendeta kristen
namanya St. Valentino tapi ada
yang menceritakan St. Valentine,,
yang hidup di Roma pada masa
pemerintahan Kaisar Cladius II
(268-270 M).. Begini ceritanya,
orang-orang Romawi merayakan
acara untuk memperingati
suatu hari yang menurut mreka
bersejarah.. pada tgl 15
Februari,,mereka menamakannya
Lupercalia untuk mempringati
Juno (Dewa wanita dan
perkawinan) dan Pan (Dewa dari
alam ini)..
Acara ini berisi pesta muda-mudi
yang memilih pasangannya
masing” dengan cara
menuliskan nama yang
dimasukkan dalam kotak
kemudian diundi. Pasangan itu
saling tukar kado sebagai
pernyataan cinta kasih,, acara
dilanjutkan dari pesta dansa-
dansa sampai pesta seks..:O
Setelah penyebaran Kristen para
pemuka gereja coba
memberikan pengertian ajaran
Kristen terhadap perayaan para
pemuja berhala itu.. Pada tahun
496 M. Paus Gelasius (Pope
Gelagius) mengganti perayaan
itu menjadi Saint Valentine’s Day
dan dipindah tgl 14 Februari yang
diperingati sebagai
penghormatan bagi seorang
pendeta yang dihukum mati pada
tanggal tersebut..
Dalam sejarah Valentine para
ahli sejarah nggak setuju sama adanya
upaya untuk mengaitkan hal itu
dengan kematian St. Valentine
yang dipenggal kepalanya di
Palatine,,tapi sejarah lain
mengatakan acara valentine
dikaitkan sama St. Valentine yang
lain,,yang dikejar” karena
memasukkan suatu keluarga
Romawi ke dalam Kristen,,terus
dia dipancung di Roma sekitar
tahun 273 Masehi.. Walhasil
tidak sedikit versi cerita
valentine day itu,,tapi hasil
akhirnya sama bahwa sejarah
valentine day hanya rekaan dan
bisa jadi bohong..
Ngikutin??nggak deh..
Ok,, itu cerita betapa
semrawutnya asal muasal
Valentine day,,kalau kamu udah
tahu betapa tidak jelas
asalnya,,lalu mengapa mesti
sibuk” mempringati segala??
Mempringati valentine day
dengan cara apapun dan dengan
siapapun tidak ada sangkut
pautnya dengan ajaran Islam
dan kalau kita yang ngaku
muslim bila ikut
memperingatinya tidak bedanya
kita dengan orang bodoh yang
nyembah berhala Juno dan Pan.
kalo kamu nggak pengen dapat adzab
fid dunya wal akhirat misalnya
firman Allah yang ini : “Dan
putuskanlah perkara diantara
mereka (kaum muslimin),
dengan apa yang telah
diturunkan oleh Allah
kepadamu, jangan kamu
mengikuti hawa nafsu mereka
(orang-orang kafir) setelah jelas
datang peringatan dari
Allah” (QS. al-Maidah 48)..
Jadi,,masih mau ikut valentine day??
hah??
sbaeknya gk de..;)
lagian agama juga sudah
ngelarang,,so lupain dan hindarkan
diri kita dari valentine day..dari pada
buat dosa..;)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 490 pengikut lainnya

Yg lagi lihat

Klik tertinggi

  • Tak ada

Kalender

Agustus 2012
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
%d blogger menyukai ini: