Beranda » Uncategorized » Jurus Hebat Menjauhi Bid’ah

Jurus Hebat Menjauhi Bid’ah


Assalamua’laikum
Warohmatullahi
Wabarokatuh…
sebelumnya nih, saya mau mempersembahkan yang sesuatu banget (Syahrini bilang tuh) kayak gini nih: ‘Aliy bin Ja’d rahimahullah berkata :
ﻭَﺳَﻤِﻌْﺖُ ﻳَﺤْﻴَﻰ ﺑْﻦَ ﻳَﻤَﺎﻥٍ، ﻳَﻘُﻮﻝُ:
ﺳَﻤِﻌْﺖُ ﺳُﻔْﻴَﺎﻥَ، ﻳَﻘُﻮﻝُ” : ﺍﻟْﺒِﺪْﻋَﺔُ
ﺃَﺣَﺐُّ ﺇِﻟَﻰ ﺇِﺑْﻠِﻴﺲَ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻤَﻌْﺼِﻴَﺔِ،
ﺍﻟْﻤَﻌْﺼِﻴَﺔُ ﻳُﺘَﺎﺏُ ﻣِﻨْﻬَﺎ، ﻭَﺍﻟْﺒِﺪْﻋَﺔُ ﻻ ﻳُﺘَﺎﺏُ
ﻣِﻨْﻬَﺎ ”
Dan aku telah mendengar Yahyaa bin Yamaan berkata :
Aku mendengar Sufyaan (Ats-Tsauriy) berkata :
“Bid’ah lebih disenangi Iblis daripada maksiat. Maksiat dapat diharapkan bertaubat darinya, sedangkan bid’ah susah untuk diharapkan bertaubat darinya” [Al-
Musnad hal. 748 no. 1885].

Kalo kita lihat – lihat “Pelaku maksiat” lebih mungkin untuk bertaubat kepada Allah ta’ala dari perbuatannya, karena tahu bahwa ia sudah melakukan perbuatan KELIRU dan DOSA.

Berbeda halnya dengan pelaku bid’ah yang menganggap baik perbuatannya dan berkeyakinan Allah ta’ala mencintai perbuatannya.

Padahal setan-lah yang menghiasi perbuatan bid’ah
tersebut hingga nampak indah di matanya. Allah ta’ala
berfirman :
ﺃَﻓَﻤَﻦْ ﺯُﻳِّﻦَ ﻟَﻪُ ﺳُﻮﺀُ ﻋَﻤَﻠِﻪِ ﻓَﺮَﺁﻩُ
ﺣَﺴَﻨًﺎ ﻓَﺈِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻳُﻀِﻞُّ ﻣَﻦْ ﻳَﺸَﺎﺀُ
ﻭَﻳَﻬْﺪِﻱ ﻣَﻦْ ﻳَﺸَﺎﺀُ
“Maka apakah orang yang dijadikan (setan)
menganggap baik
pekerjaannya yang buruk lalu dia meyakini pekerjaan
itu baik, (sama dengan orang yang tidak ditipu oleh setan) maka sesungguhnya Allah menyesatkan siapa yang dikehendaki-Nya dan menunjuk siapa yang dikehendakiNya” [QS. Faathir : 8].

para “bid’ah LOVER” nggak pernah menyadari saudara –
saudara
ﻧﺎ ﺃَﺳَﺪٌ، ﻧﺎ ﻣَﻬْﺪِﻱُّ ﺑْﻦُ ﻣَﻴْﻤُﻮﻥٍ، ﻋَﻦِ
ﺍﻟْﺤَﺴَﻦِ، ﻗَﺎﻝَ” : ﺻَﺎﺣِﺐُ ﺍﻟْﺒِﺪْﻋَﺔِ ﻻ
ﻳَﺰْﺩَﺍﺩُ ﺍﺟْﺘِﻬَﺎﺩًﺍ، ﺻِﻴَﺎﻣًﺎ ﻭَﺻَﻼﺓً، ﺇِﻻ
ﺍﺯْﺩَﺍﺩَ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺑُﻌْﺪًﺍ ”
Telah mengkhabarkan
kepada kami Asad : Telah mengabarkan kepada kami Mahdiy bin Maimuun, dari Al-Hasan (Al-Bashriy) :
“Tidaklah bertambah
kesungguhan pelaku bid’ah (ahlul-bid’ah) dalam perkara puasa dan shalat, kecuali akan bertambah jauh dari Allah” [Diriwayatkan oleh
Ibnu Wadldlah dalam Al-Bida’ no. 70; shahih].
LIHAT!!! MAKIN JAUH DAN JAAAUUUUHHHHHH…😀

Karena itu jauhi perkara Bid’ah,

Berikut ini tips agar
terhindar dari bid’ah:
1. Jangan cuma ikut – ikut.
Paling baik baca Sanadnya (Shahih atau Hasan, kalo
nggak ada gituannya lihat perawinya, kalo nggak ada juga JANGAN IKUTI!!!)

2. Ikuti pengajian / tausiah yang membahas tentang
keshahihan HADIST atau KITAB tertentu. Kitab Kuning itu baik, tapi JANGAN CUMA ITU, ada banyak kok kitab lainnya. Misalnya Al Wajiz, Riyadhush
Shalihin, dll

3. Kalo belum bisa keduanya (atas: 1 & 2), paling mudah adalah pernah
dengar dari kerabat,
teman, ortu, dll.

Semoga bermanfaat bagi para pembaca Wassalamualaikum wr.wb.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 490 pengikut lainnya

Yg lagi lihat

Klik tertinggi

  • Tak ada

Kalender

Oktober 2012
S S R K J S M
« Sep   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
%d blogger menyukai ini: