Beranda » Pengetahuan Umum » Rahasia Penguin Emperor

Rahasia Penguin Emperor


Kutub Selatan merupakan wilayah di bumi yang paling dingin. Suhunya saja bisa mencapai -40 derajat celcius dengan kecepatan angin yang mencapai 140 km/jam. Untunglah Penguin Emperor memiliki bulu tebal. Tebal bulunya sekitar 15 bulu per centimeter persegi. Inilah bulu burung yang tertebal diantara burung burung lainnya.

Bulu mereka pun istimewa. Bulu itu melindungi tubuh dari udara dingin di darat. Juga menjaga agar kulit tidak basah di air. Penguin Emperor juga memiliki lapisan lemak tebal untuk menghangatkan tubuhnya.

Selain bulu dan lemak, Penguin Emperor juga mengatasi dingin dengan membentuk barisan yang berbentuk melingkar.

Penguin Emperor juga pandai mengatur giliran berjemur. Mula – mula barisan penguin yang terdalam yang berjemur mengahangatkan badan selanjutnya barisan Penguin Emperor terluar masuk kedalam barisan yang hangat. Sementara barisan penguin dalam melingkar di barisan luar.

Pada musim dingin yang ganas, Penguin Emperor bahkan bisa bertelur dan mengerami telur. Setelah bertelur energi penguin Emperor betina habis, penguin Emperor betina akan pergi ke laut mencari makan meninggalkan penguin Emperor jantan dan telurnya.

Selama 68 hari dengan sabar penguin Emperor jantan mengerami telur dan melindungi telur dari dingin. Selama itu juga penguin Emperor jantan berpuasa atau tidak makan. Ia tdak bisa meninggalkan telurnya untuk mencari makan. Soalnya telurnya bisa beku kalau terkena hawa Kutub Selatan.

Setelah menetas penguin Emperor jantan pergi mencari makan sedangkan penguin Emperor betina menjaga anaknya sekaligus memberi makan anaknya dari hasil tangkapannya selama 68 hari.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 490 pengikut lainnya

Yg lagi lihat

Klik tertinggi

  • Tak ada

Kalender

Maret 2013
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
%d blogger menyukai ini: